File audio WAV adalah cara yang bagus untuk menjaga kualitas rekaman yang lengkap dan akurat dalam format yang benar-benar lossless di komputer Anda. Namun, jika Anda bukan seorang audiophile dan khawatir tentang ruang penyimpanan, mungkin sudah saatnya untuk mengonversinya ke format yang lebih mudah dikelola seperti MP3.

Apa Itu File WAV?

Format File Audio Bentuk Gelombang (WAV, diucapkan “Gelombang”) adalah format audio mentah yang dibuat oleh Microsoft dan IBM. File WAV adalah audio lossless yang tidak terkompresi , yang dapat memakan sedikit ruang, sekitar 10 MB per menit.

Format file WAV menggunakan wadah untuk menampung audio dalam “potongan” menggunakan Format File Pertukaran Sumber Daya. Ini adalah metode umum yang digunakan Windows untuk menyimpan file audio dan video— seperti AVI— tetapi juga dapat digunakan untuk data arbitrer.

Mereka terutama digunakan dalam industri rekaman musik profesional, namun, semakin banyak orang menjauh dari WAV dan menggunakan FLAC (Free Lossless Audio Codec), karena menggunakan kompresi untuk membuat file lebih kecil sambil mempertahankan tingkat kualitas yang sama.

Cara Mengonversi WAV ke MP3

Jika Anda memiliki sebagian besar file audio dalam format WAV, kemungkinan file tersebut memakan banyak ruang disk. Salah satu cara untuk mengurangi dampaknya pada penyimpanan Anda tanpa menghilangkannya sepenuhnya adalah dengan mengubahnya menjadi format yang lebih kecil dan lebih terkompresi— seperti MP3, untuk mendapatkan file mp3 Anda dapat mengunduhnya di Tubidy.

Menggunakan VLC untuk Mengonversi File Anda

VLC  adalah pemutar media sumber terbuka dan gratis yang membuka hampir semua format file, dan memiliki opsi untuk mengonversi file audio Anda, dan ini adalah favorit di How-to Geek.

Buka VLC dan klik “Media” lalu pada “Konversi / Simpan.”

Jika Anda sudah memiliki file yang dimuat ke dalam VLC, alat ini tidak secara otomatis memuatnya ke dalam konverter. Anda harus memuat file lagi dari jendela ini. Klik tombol “Tambah”, yang terletak di sisi kanan.

Sekarang, navigasikan ke file dan klik “Buka.”

Klik “Konversi/Simpan” untuk membuka jendela berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *